Selasa, 09 November 2010

Siklus hidup perangkat lunak rilis

Sebuah rilis perangkat lunak adalah distribusi kode perangkat lunak, dokumentasi, dan bahan-bahan pendukung. Rilis siklus hidup perangkat lunak terdiri dari fase diskrit yang menggambarkan kematangan perangkat lunak karena uang muka dari perencanaan dan pengembangan untuk melepaskan dan dukungan fase










Pre-Alpha
Pra-alpha mengacu pada semua kegiatan yang dilakukan selama proyek software sebelum pengujian. Kegiatan ini dapat mencakup analisis kebutuhan, perancangan perangkat lunak, pengembangan perangkat lunak dan unit testing.
Dalam pengembangan sumber khas terbuka, ada beberapa jenis versi pre-alpha. versi Milestone termasuk set spesifik fungsi dan dirilis segera setelah fungsi selesai.
 
Alfa
Tahap alpha dari siklus hidup rilis adalah tahap pertama untuk memulai pengujian Perangkat Lunak. Pada fase ini, pengembang umumnya menguji perangkat lunak menggunakan teknik kotak putih. validasi tambahan kemudian dilakukan dengan menggunakan teknik black box atau kotak abu-abu, oleh tim lain pengujian. Pindah ke pengujian kotak hitam di dalam organisasi yang dikenal sebagai rilis alpha.
perangkat lunak Alpha bisa tidak stabil dan dapat menyebabkan crash atau kehilangan data.
Fase alfa biasanya berakhir dengan pembekuan fitur, menunjukkan bahwa tidak ada lebih banyak fitur akan ditambahkan ke perangkat lunak. Pada saat ini, perangkat lunak dikatakan fitur yang lengkap.
 
Beta
"Beta" adalah pengembangan perangkat lunak tahap berikutnya alpha. Hal ini biasanya dimulai pada saat perangkat lunak fitur yang lengkap. Fokus pengujian beta adalah mengurangi dampak bagi pengguna, sering memasukkan pengujian kegunaan. Proses penyampaian versi beta untuk pengguna disebut rilis beta.
Pengguna versi beta disebut penguji beta. Mereka biasanya pelanggan atau calon pelanggan dari organisasi yang mengembangkan perangkat lunak, bersedia untuk menguji perangkat lunak gratis atau dengan harga berkurang.
Beta versi perangkat lunak mungkin akan berguna untuk demonstrasi internal dan preview untuk memilih pelanggan. Beberapa pengembang menyebut tahap ini sebagai preview, prototipe, preview teknis (TP) atau sebagai akses awal.[Sunting] Buka dan tertutup beta
Pengembang baik rilis beta tertutup atau beta terbuka; versi beta tertutup dirilis ke kelompok memilih individu untuk uji pengguna, sedangkan beta terbuka untuk sebuah kelompok masyarakat yang lebih besar, biasanya masyarakat umum. Penguji melaporkan setiap bug yang mereka temukan, dan kadang-kadang menyarankan fitur kecil mereka ingin melihat di versi final. Contoh tes beta masyarakat yang utama adalah rilis Microsoft previews teknologi masyarakat (CTPs) untuk Windows Vista pada Januari 2005. Pada bulan September 2000, versi boxed dari Apple Inc 's Mac OS X Public Beta sistem operasi dirilis. beta Buka melayani tujuan ganda menampilkan produk untuk konsumen potensial, dan pengujian antara basis pengguna yang sangat luas yang akan lebih mungkin untuk menemukan kesalahan dan bug bahwa tim pengujian yang jauh lebih kecil tidak mungkin ditemui.
 
Calon rilis
Rilis kandidat panjang (RC) mengacu ke versi dengan potensi untuk menjadi produk akhir, siap untuk merilis kecuali bug fatal muncul. Dalam tahap stabilisasi produk, semua fitur produk telah dirancang, kode dan diuji melalui satu atau lebih siklus beta tanpa bug showstopper-kelas yang dikenal.
Apple Inc menggunakan "master emas" istilah untuk kandidat rilis, dan master emas terakhir digunakan sebagai rilis ketersediaan umum. huruf Yunani lainnya, seperti gamma dan delta, yang terkadang digunakan untuk mengindikasikan versi yang secara substansial telah selesai, tapi masih menjalani pengujian, dengan omega atau zenith digunakan untuk menunjukkan versi pengujian akhir yang diyakini relatif bug-free, siap untuk produksi.
rilis A disebut kode lengkap bila tim pengembangan setuju bahwa tidak ada kode sumber yang sama sekali baru akan ditambahkan ke rilis ini. Mungkin masih ada perubahan kode sumber untuk memperbaiki cacat. Mungkin masih ada perubahan pada file dokumentasi dan data, dan kode untuk uji kasus atau utilitas. Kode baru dapat ditambahkan di masa mendatang.


Pelepasan
 
RTM
Istilah "rilis untuk manufaktur" atau "lepaskan untuk pemasaran" (keduanya RTM disingkat)-juga dikenal sebagai "akan emas"-adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa perangkat lunak telah mencapai titik yang siap atau telah disampaikan atau diberikan kepada pelanggan. Hal ini biasanya digunakan dalam konteks tertentu software produksi massal eceran - sebagai lawan dari produksi perangkat lunak khusus atau proyek dalam produksi komersial atau pemerintah dan distribusi - di mana perangkat lunak tersebut dijual sebagai bagian paket dalam penjualan perangkat keras komputer yang terkait dan biasanya dimana software dan hardware yang terkait akhirnya akan tersedia dan dijual di massa / secara umum di toko ritel untuk menunjukkan bahwa perangkat lunak telah memenuhi tingkat kualitas yang ditetapkan dan siap untuk distribusi ritel massa. RTM juga bisa berarti dalam konteks lain bahwa perangkat lunak telah diserahkan atau dirilis ke klien atau pelanggan untuk instalasi atau distribusi sampai akhir terkait pengguna komputer hardware atau mesin. Istilah ini tidak mendefinisikan mekanisme pengiriman atau volume, hanya menyatakan bahwa kualitas adalah cukup untuk distribusi massa. The deliverable dari organisasi rekayasa sering dalam bentuk CD master emas digunakan untuk duplikasi atau untuk menghasilkan gambar untuk web.
RTM yang terjadi sebelum ketersediaan umum (GA) ketika produk tersebut dirilis ke publik.
 
Ketersediaan Umum
ketersediaan Umum atau General Penerimaan (GA) adalah titik di mana semua aktivitas komersialisasi yang diperlukan telah selesai dan perangkat lunak telah tersedia bagi pasar umum baik melalui web atau media fisik. Istilah lain dengan makna yang hampir identik dengan GA FCS, untuk Pertama Shipment Pelanggan. Beberapa perusahaan (seperti Sun Microsystems dan Cisco) FCS gunakan untuk menggambarkan versi perangkat lunak yang telah dikirim untuk pendapatan.
Komersialisasi kegiatan bisa termasuk tetapi tidak terbatas pada ketersediaan dunia media tersebar luas melalui pusat distribusi, jaminan pemasaran selesai dan tersedia sebagai banyak bahasa yang dianggap perlu untuk pasar target, penyelesaian tes keamanan dan kepatuhan, dll Waktu antara RTM dan GA dapat dari seminggu untuk bulan dalam beberapa kasus sebelum rilis tersedia secara umum dapat dideklarasikan karena waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan komersialisasi semua yang dibutuhkan oleh GA.
Hal ini juga pada tahap ini bahwa perangkat lunak dianggap telah "pergi hidup". produksi, versi live adalah versi akhir dari produk tertentu. Rilis hidup dianggap sangat stabil dan relatif bug-bebas dengan kualitas yang cocok untuk distribusi yang luas dan digunakan oleh pengguna akhir. Dalam rilis software komersial, versi ini juga dapat masuk (digunakan untuk memungkinkan pengguna akhir untuk memastikan kode yang belum diubah sejak rilis). Ungkapan bahwa suatu produk perangkat lunak "telah pergi hidup" berarti bahwa kode tersebut telah selesai dan siap untuk distribusi. istilah lainnya untuk versi live meliputi: master live, rilis hidup, atau tinggal membangun.
Di beberapa daerah pengembangan perangkat lunak itu adalah pada tahap ini bahwa rilis tersebut disebut sebagai rilis emas, ini tampaknya menjadi terbatas terutama untuk software game.
 
Dukungan
 
Layanan rilisWiki surat w.svg Bagian ini membutuhkan ekspansi.
Selama hidup yang didukung, perangkat lunak kadang-kadang mengalami layanan rilis, atau paket layanan. Sebagai contoh yang digunakan, Microsoft Windows XP saat ini telah memiliki 3 utama Paket Layanan.
rilis layanan tersebut berisi kumpulan update, perbaikan dan / atau perangkat tambahan, disampaikan dalam bentuk paket diinstal tunggal. Mereka mungkin juga berisi fitur yang sama sekali baru.
perangkat lunak tertentu dilepaskan dengan harapan dukungan biasa. Kelas perangkat lunak yang umumnya melibatkan dukungan berkepanjangan sebagai norma termasuk suite Anti-virus dan Massively Multiplayer Online Games.Akhir hidupLihat juga: End-of-hidup (produk)
Ketika perangkat lunak tidak lagi dijual atau didukung, produk dikatakan telah mencapai akhir masa pakainya.Dampak dari World Wide Web
Seperti Internet telah memungkinkan untuk distribusi yang cepat dan murah perangkat lunak, perusahaan telah mulai mengambil pendekatan yang lebih longgar untuk penggunaan "beta" kata. [1] Netscape Communications merilis versi terkenal karena tingkat alpha browser web Netscape ke publik dan memanggil mereka "beta" release. [kutipan diperlukan] Pada bulan Februari 2005, ZDNet menerbitkan sebuah artikel mengenai fenomena baru-baru ini versi beta sering tinggal selama bertahun-tahun dan digunakan seolah-olah itu di tingkat produksi. Hal ini dicatat bahwa Gmail dan Google News, misalnya, telah dalam versi beta untuk jangka waktu yang lama dan tidak diharapkan untuk menjatuhkan status beta terlepas dari kenyataan bahwa mereka banyak digunakan, namun, Google News tidak meninggalkan beta pada Januari 2006, diikuti oleh Google Apps, termasuk Gmail, pada bulan Juli 2009. [2] Teknik ini juga mungkin mengizinkan pengembang untuk menunda dukungan penuh penawaran dan / atau tanggung jawab untuk masalah yang tersisa. Dalam konteks Web 2.0, bahkan orang-orang berbicara tentang beta abadi untuk menandakan bahwa beberapa perangkat lunak dimaksudkan untuk tinggal di negara beta. Juga, "beta" kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang lebih seperti rilis kandidat, atau sebagai bentuk demo waktu terbatas, atau teknik pemasaran. [3]
Beberapa pengguna meremehkan lihat rilis kandidat dan bahkan akhir "titik oh" release sebagai perangkat lunak "gamma test", menunjukkan bahwa pengembang telah memilih untuk menggunakan para pelanggan untuk menguji perangkat lunak yang tidak benar-benar siap untuk rilis umum. Beta tester, jika pribadi yang dipilih, akan sering dikreditkan untuk menggunakan rilis kandidat seolah-olah itu adalah produk jadi.[Sunting] rilis Web
Sebuah rilis web adalah sarana pengiriman perangkat lunak yang memanfaatkan Internet untuk distribusi. Tidak ada media fisik diproduksi dalam jenis mekanisme pelepasan oleh produsen. Hal ini kadang-kadang juga disebut sebagai Pers Untuk Web (RTW).


referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Development_stage
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar